Peran-Peran Indonesia dengan Asia Tenggara

Peran-Peran Indonesia dengan Asia Tenggara

Peran – Peran  Indonesia dengan Asia Tenggara 

Wilayah Asia Tenggara terdiri beberapa negara-negara yang berada di kawasan Asia Tenggara. Beberapa negara-negara tersebut adalah Indonesia, Singapura, Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, Kamboja, Vietnam, Myanmar, Laos. Setiap negara mempunyai kepentingan yang berbeda.Negara Indonesia mempunyai peranan yang sangat penting dalam Asia Tenggara.  Beberapa peranan penting dalam bidang ekonomi, politik, sosial budaya, keamanan dan juga beberapa bidang lainnya. Peran Indonesia sangat berpengaruh pada terbentuknya ASEAN. Peran – peran Indonesia dengan Asia Tenggra antara lain adalah sebagai berikut :

1. Mempelopori Berdirinya ASEAN.

Indonesia merupakan salah satu pelopor berdirinya ASEAN. Ketika tanggal 5- 8 Agustus 1967, lima negara mengadakan pertemuan yang terjadi di Bangkok. Kelima negara tersebut adalah Indonesia, Singapura, Malysia, Filipina, dan Thailand. Alasan ke lima negara tersebut mengadakan konferensi adalah kelima negara tersebut sama-sama pernah di jajah oleh negara lain, kecuali Thailand. Karena kesepakatan dalam konferensi tersebut maka berdirilah ASEAN. ASEAN merupakan bentuk kerja sam regional negara-negara di Asia Tenggara. Indonesia merupakan negara yang memiliki sifat politik bebas dan aktif. Ketika ASEAN telah berdiri tentunya ini merupakan salah satu wadah yang bermanfaat untuk negara-negara di Asia Tenggara. Berdirinya ASEAN menimbulkan banyak kerja sama antara para anggota Asia Tenggara tersebut. 

2. Sebagai Negara Perantara Perundingan Damai.

Indonesia salah satu negara sebagai penengah ketika terjadinya konflik di negara lain. Seperti hal nya ada perang saudara yang terjadi di Kamboja. Kemelut konflik yang terjadi antara vietnam dan kamboja Indonesia membatu proses perdamaian yang terjadi di kamboja.. Indonesia mewakili ASEAN sebagai negara penengah kedua belah pihak sejak tahun  1987. Dan pada akhirnya terjadilah konferensi Paris untuk Kamboja dan Vietnam. Keputusan dari konferensi tersebut adalah perjajian damai antara Vietnam dan Kamboja. Indonesia juga pernah sebagai penengah konfilk negara lainya. Konflik yag dialami pemerintah Filipina dan pemberontak Moro National Front Liberation. Kemudian kedua negara yag berkonflik mengadakan pertemuan di Indonesia. Dan berhasil membuat kesepakatan perjanjian damai antara Filipina dan pemberontak Moro National Front Liberation. Oleh karena itu Indonesia mempunyai peranan yang penting dan bisa mempengaruhi perubahan damai di negara- negara yang berkonflik.

3. Menyediakan Kebutuhan untuk Pengungsi

Indonesia juga memberikan bantuan kepada para negara-negara lain  di kawasan Asia Tenggara yang terkena musibah atau bencana alam. Kawasan Asia Tenggara merupakan rawan terjadinya bencana alam. Maka dari itu Indonesia dengan sigap siap membatu untuk negara-negara tersebut. Indonesia juga pernal mengalami bencana skala besar yaitu tsunami. Dan di Indonesia juga pernah diadakan pertemuan khusus gempa bumi dan Tsunami.  Bukan hanya itu saja Indonesia juga bersedia memberikan batuan bencana sosial. Ini pernah terjadi ketika kawasan Asia Tenggara terjadi pengungsian besar-besaran ke beberapa negara lain. Negara Indonesia menerima pengungsi tersebut dengan tangan terbuka. Indonesia juga menyediakan pulau Galang untuk para pengungsi tersebut.

4. Terbentunya Gagasan Komunitas Keamanan.

Peran indonesia untuk organisasi ASEAN tidak hanya itu saja. Indonesia mempunyai tujuan untuk negara- negara ASEAN dalam menanggulangi kriminalitas, terorisme, sparatisme dan perampokan dll. Ini merupakan upaya Indonesia untuk melindungi negara – negara di Asia Tenggara. Upaya tersebut juga untuk meningkatkan kerja sama antar negara- negara di Asia Tenggara dan meningkatkan keamanan yang lebih luas lagi.

5. Memberikan Anjuran Kerja Sama untuk Penukaran Barang dan Jasa.
Negara indonesia sudah menjalin kerja sama yang cukup lama denga negara- negara ASEAN. Salah satu tujuannya untuk memperkuat perdagangan yang ada dan juga kemkamuran antar negara-negara yang bekerja sama. Indonesia memberi anjuran kerja sama harus semakin erat pada bidang ekonomi berupa pertukaran barang da jasa. Dan juga kerja sama yag lannya seperti halnya jasa transportasi darat dan laut. Indonesia telah mengirim beberapa tenaga kerja ke Malaysia, Singapura dan negara- negara yang lannya.

6. Menyelenggarakan KTT ASEAN yang Pertama Kali.

Indonesia mempunyai peranan penting dalam menyelenggarakan Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN yang pertama kalinya dilakukan. Indonesia juga merupakan tempat pertama kali dilaksanakan KTT tersebut. Bali adalah tempat nya. Sedangkan KTT sendiri merupakan wadah untuk bertemunya anggota-anggota ASEAN. Pertemuan KTT ini membahas apa saja yang menjadi masalah- masalah penting yang harus di selesaikan oleh anggota ASEAN.  KTT yang di adakan di Indonesia juga masih berlanjut pada tahun 2011 yang lalu. Indonesia dipilih sebagai tuan rumah. Kesepakatan yang di dapat dari pertemuan tersebut adalah kesepakatan kawasan bebas senjata Nuklir Asia Tenggra. Artinya negara-negara ASEAN tidak diperbolehkan mengembagkan, membuat ataupun membeli senjata Nuklir tersebut. Para anggota ASEAN sepakat dalam hal nuklir tersebut tanpa terkecuali.

7. Terselenggaranya Pementasan Kesenian dan Budaya yang Ada di ASEAN.

Indonesia menganjurkan adanya pementasan seni dan budaya dalam lingkup ASEAN. Ini merupakan bagian dari kerja sama yang dilakukan Indonesia dengan negara ASEAN lainnya. Ada beberapa karya anak bangsa yang ikut ditampilakn dalam kesenian tersebut. Salah satu moment untuk memperlihatkan kesenian dan budaya yang ada di ASEAN.

0 Response to "Peran-Peran Indonesia dengan Asia Tenggara "

Post a Comment

BERLANGGANAN GRATIS VIA EMAIL

Dapatkan Soal dan Materi Terbaru Dari Bimbel Brilian Secara Gratis Melalui Email Anda. Jangan lupa cek kotak masuk di emailnya untuk mengaktifkan fitur pengiriman, setelah klik berlangganan di bawah ini.