Kerja sama Indonesia dengan Negara Asia Tenggara

Kerja sama Indonesia dengan Negara Asia Tenggara

Pada dasarnya suatu negara tidak mungkin dapat memenuhi kebutuhannya sendiri, oleh karena itu Negara Indonesia melakukan berbagai bentuk kerja sama antar negara- negara di Asia Tenggara. Dalam tujuan negara Indonesia yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945 bahwa negara ikut serta dalam melaksanakan ketertiban dunia, perdamaian abadi dan keadilan sosial. Oleh karena itu Indonesia sangatlah menghargai betapa pentingnya hubungan kerja sama yang dilakukan dengan negara-negara lainnya.Kerja sama antar negara – negara tersebut sangatlah penting untuk dilakukan, apalagi pada era Globalisasi saat ini. Negara – negara se Asia Tenggara saling berhubungan dengan baik dan Indonesia merupakan salah satu dari negara- negara di Asia Tenggara. Bentuk kerja sama yang dilakukan Indonesia dengan negara- negara Asia Tenggara antara lain dalam bidang Ekonomi, bidang Sosial Budaya, bidang Politik, Perdagangan, Keamanan, pendidikan dan lain-lainnya.

Kerja sama  Indonesia dengan negara – negara Asia Tenggara antara lain

a. Kerja sama Indonesia dengan Negara Malaysia.

Indonesia menjalin beberapa kerja sama dengan Malaysia. Kerja sama yang berjalan baik antara lain kerja sama di bidang kebudayaan. Misalnya saja Indonesia dengan Malaysia mengadakan pertukaran acara televisi. Dan bukan hanya dalam  bentuk kebudayaan saja akan tetapi Negara Indonesia dan Negara Malaysia juga bekerja sama dalam bidang ekonomi, sosial budaya, ilmu pengetahuan, dan juga bidang keamanan. Kerja sama yang dilakukan oleh kedua belah pihak negara tersebut tidak lain untuk mempererat, mengembagkan kerja sama bilateral antara Indonesia dan Malaysia. Dengan tujuan yang saling menguntungkan antar kedua negara tersebut di berbagai bidang lainnya, misalnya saja makanan, peternakan, dan lainnya.

b. Kerja sama Negara Indonesia dengan Negara Filipina.

Kerja sama antar kedua negara ini terjalin dalam beberapa ekspor-impor. Negara Indonesia mengekspor minyak bumi, baja dan alumunium ke Negara Filipina. Sedangkan negara Filipina mengekspor gla dan kopra ke Indonesia. Bentuk kerja sama yang lainnya adalah dalam hal perikanan, pertanian, kehutanan, pendidikan dan kebudayaan. Negara Indonesia dan Negara Filipina akan terus mengembangkan kerja sama dalam bidang yang lainnya untuk memper erat hubungan antar kedua belah pihak.

c. Kerja sama Negara Indonesia dengan negara Thailand.

Kerja sama Indonesia dengan Thailand seperti Thailand berinvestasi di indonesia dengan adanya makanan ternak Charon Phokpand milik Thailand. Kemudian kerja sama berikutnya adalah dalam impor beras dan gula. Indonesia dan thailand bekerja sama dalam bidang lainnya antara lain bidang politik, bidang sosial, budaya dan juga perikanan. Dalam hal kerja sama bidang perikanan kedua negara akan bekerja sama. Alasannya karena Indonesia memiliki kekayaan laut yang berlimpah. Kerja sama untuk kedua negara ini diharapkan akan membawa keuntungan untuk kedua belah pihak dan bisa menyatukan antara Thailand dan Indonesia.

d. Penyediaan  cadangan bahan pangan.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Indonesia merupakan salah satu negara Asia Tenggara yang memiliki lumbung padi ASEAN. Bukan hanya Indonesia saja yang terkenal sebagai lumbung padi ASEAAN, namun ada negara Thailand dan negara Kamboja. Bentuk kerja sama ini bukan hanya terjadi untuk saling menguntungkan ke dua negara saja, akan tetapi ketika salah satu negara Asia Tenggara ada yang mengalami krisis pangan maka Indonesia dengan siap sedia membantu negara- negara tersebut.

e. Kerja sama Indonesia dengan Negara Malaysia dan Negara Thailand

Dalam bidang ekonomi dengan mewujudkan terciptanya “segitiga pertumbuhan”. Kerja sama ini dalam bentuk kerja sama yang menimbulkan kegiatan antara lain adalah peleburan alumunium, dan investasi jasa telekomunikasi yang di lakukan ketiga negara ASEAN tersebut. Kerja sama segitiga pertumbuhan ini mencakup wilayah bagian barat Indonesia dan wilayah semenanjung Malaka ( untuk negara Thailand dana Negara Malaysia).

f. Kerja sama Negara Indonesia dengan Negara Malaysia dan Negara Singapura

Indonesia bekerja sama dengan  mengirimkan tenaga kerja ke negara – negara tersebut.

g. Kerja sama Indonesia dengan Myanmar.

Indonesia memiliki perbedaan dengan Myanmar yaitu ideologi kedua negara tersebut berbeda. Myanmar berpaham ideologi komunis. Akan tetapi Indonesia dengan Myanmar tidak terlalu memikirkan perbedaan yang ada. Kerja sama ke dua negara ini juga berjalan secara harmonis dan bai-baik saja. Kerja sama Myanmar dan Indonesia di perkuat dalam bidang ekonomi. Indonesia dan Myanmar sampai saat ini juga mempertahankan kerja sama apa yang sudah dilakukan. Dalam waktu akan datang Indonesia berencana bekerja sama dalam hal perkereta apian. Semoga saja kerja sama yang di rencanakan ini akan berjalan dengan baik, dan tentunya saling menguntungkan

h. Pendirian Pabrik Urea yang Ada di Indonesia.

Merupakan salah satu kerja sama yang di lakukan Indonesia dengan negara ASEAN lainnya. Pendirian pabrik tersebut adalah milik bersama negara ASEAN yang letaknya berada di Nangro Aceh Darussalam. Ini merupakan salah satu proyek industri  bersama antara negara- negara ASEAN. Bukan itu saja proyek industri bersama juga ada di Singapura yaitu proyek Vaksin , proyek pabrik tembaga yang ada di Filipina, proyek Abu Soda di thailand.

i. Kerja sama Negara Indonesia dengan Negara Brunei Darussalam.

Kerja sama antar kedua negara tersebut terjadi dalam beberapa bidang. Namun yang terlihat menonjol adalah bentuk kerja sama  Indonesia dalam melakukan ekspor sayur – sayuran, buah – buahan, pakaian jadi ke Brunei Darussalam. Kerja sama tersebut telah di sepakati antara kedua belah pihak dan berjalan dengan sebagaimana mestinya.

j. Kerja sama Indonesia dengan Negara Laos.

Kerja sama yag dilakukan antara lain dalam bidang ekonomi, politik, sosial dan budaya. Indonesia dengan Laos bekerja sama dalam meningkatkan perkembagan kapasitas diplomat. Bukan hanya itu saja kerja sama yang lainnya adalah bidang pertanian dan kehutanan. Indonesia dengan Laos saling menjaga kerja sama yang telah di sepakati kedua negara tersebut. 

k. Kerja sama Indonesia dengan Vietnam.

Kerja sama yang dilakukan ke dua negara ini dalam beberapa bidang, antara lain bidang ekonomi, sosial, politik. Dan kerja sama Indonesia dengan Vietnam yag menonjol adalah kerja sama ekonomi, bidang pertahanan, migas dan pariwisata. Dalam menjalankan kerja sama antara kedua negara tersebut , di adakannya pertemuan di Hanoi pada tahun 2007. Tentunya kerja sama ini kedua negara menginginkan keuntungan bersama tanpa adanya yang di rugikan satu sama lain.

1 Response to "Kerja sama Indonesia dengan Negara Asia Tenggara"

  1. Cari Situs Judi Agen BandarQ Online yang aman dan terpercaya ?
    Solusinya hanya di crown99
    Bonus Refferal 20%
    Bonus Turn Over 0,5%
    Hanya dengan minimal deposit 20ribu sudah bisa bermain 8 game sekaligus lohh..
    "NEW AGEN BANDAR 66"
    Ayo daftar dan gabung sekarang juga,,
    WHATSAPP : +855967646513
    PIN BB : 2B382398

    ReplyDelete

BERLANGGANAN GRATIS VIA EMAIL

Dapatkan Soal dan Materi Terbaru Dari Bimbel Brilian Secara Gratis Melalui Email Anda. Jangan lupa cek kotak masuk di emailnya untuk mengaktifkan fitur pengiriman, setelah klik berlangganan di bawah ini.