12 Contoh Globalisasi Dalam Kehidupan Sehari-Hari

12 Contoh Globalisasi Dalam Kehidupan Sehari-Hari


Contoh Globalisasi dalam kehidupan sehari –hari

Globalisasi telah mengubah gaya hidup masyarakat baik di sadari maupun tidak. Dalam kehidupan sehari- hari tentunya kita melakukan hal-hal yang merupakan contoh dari Globalisasi itu sendiri. Berikut ini contoh Globalisasi dalam kehidupan kita yang kita jalani sehari hari antara lain :

1. Adanya Perkembangan Teknologi yang Modern.

Sekarang ini alat- alat teknologi semakin berkembang pesat dan sudah masuk di perdesaan tanpa adanya hambatan. Hingga hampir setiap orang mempunyai barang-barang elktronik maupun gadget merk luar negeri dengan mudah. Seperti handphone, smartphone, telvisi, dan berbagai alat lainnya.

2. Jual Beli Online yang Semakin Berkembang Pesat.

Sekarang ini proses jual beli sangatlah berpengaruh besar berbeda dengan zaman dahulu. Proses jual beli sekarang sangat mudah tanpa harus datang ke swalayan dan tanpa harus bertemu si penjual dan si pembeli. Jual beli online semakin marak terjadi di masyarakat. Globalisasi telah memberikan pengaruh cukup kuat dalam hal jual beli Online yang semakin berkembag saat ini.

3. Munculnya Pasar Swalayan yang Ada di Desa- Desa.

Dahulu pasar Swalayan hanya ada di perkotaan, yang jaraknya bisa jauh dari rumah. Setelah perkembangan zaman, sekarang untuk pergi ke pasar Swalayan tidak perlu pergi ke kota besar. Banyak yang mendirikan Pasar Swalayan di desa-desa.

4. Adanya Pergantian Tenaga Manusia Dengan Tenaga Mesin yang Modern.

Contohnya saja tenaga manusia dalam hal pertanian, sekarang sudah banyak tergantikan oleh modernnya alat – alat yang ada. Sehingga tenaga manusia sudah tidak telalu di butuhkan seperti dahulu. Adanya pergantian tenaga manusia dengan mesin yang modern merupakan contoh globalisasi yang nyata yang ada dalam kehidupan kita yang tidak bisa di tinggalkan.

5. Semakin Pesatnya Penggunaan Gadget.

Banyak sekali manusia pada era sekarang ini yang selalu mengandalkan gadget tanpa terkecuali. Banyak hal yang bisa dilakukan dalam genggaman tangan oleh gadget. Semakin pesatnya penggunaan gadget adalah salah satu contoh globalisasi dalam kehidupan sehari hari. Gadget juga merupakan faktor jual beli online yang berkembang pesat saat ini.


6. Semakin Mudahnya Mengetahui Informasi Berita yang Ada di penjuru dunia.

Untuk saat ini ketika kita ingin mengetahui info berita di belahan dunia manapun kita dapat mengetahuinya dengan mudah tanpa datang ke lokasi kejadian. Mudahnya mengetahui informasi berita juga tidak terlepas dari adanya teknologi yang modern. Informasi berita yang sama bisa disaksikan bersama-sama di tempat yang berbeda. Ketika adanya hal yang fenomenal maka iformasi tersebut dengan mudahnya menyebar ke seluruh negeri. Semua itu merupakan contoh globalisasi dalam kehidupan sehari- hari yang kita jalani.

7. Banyaknya Produk Luar Negeri yang Masuk ke Dalam Indonesia.

Ketika kita mencari produk asing tidak begitu rumit. Kita bisa mencarinya dengan mudah tanpa datang ke negara tersebut. Dari mulai busana, buku bacaan, sepatu dan lai-lainnya. Ini merupakan contoh globalisasi yang sudah ada di dalam keseharian kita.

8. Pemerintah yang Semakin Terbuka dan Demokratis

Globalisasi juga ikut andil dalam perkembangan pemerintah yang semakin terbuka dan demokratis. Hal ini terlihat tidak hanya di  pemerintahan pusat saja, akan tetapi sifat terbuka nya pemerintah juga sudah masuk ke pemerintah daerah – daerah.

9. Banyaknya Tenaga Kerja Asing yang Ada di Dalam Negeri.

Pengaruh globalisasi juga terjadi dalam tenaga asing yang ada di dalam Indonesia. Dan sebaliknya tenaga kerja Indonesia juga banyak yang bekerja di negara lain.

10. Model Pakaian yang Mengikuti Trend Masa Kini.

Perkembangan model pakaian trend masa kini merupakan contoh globalisasi yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Model pakaian Indonesia juga mengikuti trend dunia yang semakin berkembang pesat yang mengikuti kiblat dunia fashion yang ada. 

11. Kesetaraan Gender.

Pada dasarnya wanita dengan laki- laki mempunyai kesetaraan dalam beberapa hal. Dalam kehidupan sehari – hari wanita mampu menggantikan posisi laki- laki  seperti halnya wanita sekarang banyak yang menjadi pemimpin, wanita juga mampu bekerja seperti layaknya laki- laki.

12. Adanya Pertukaran Budaya Asing

Globalisasi bukan hanya terjadi untuk hal- hal dalam negeri saja.  Pertukaran budaya asing juga terlihat jelas di Indonesia. Banyak sekali anak- anak muda yang menyukai lagu K-POP dari budaya asing dan dalam dunia hiburan mereka mengikuti gaya budaya asing yang kebarat baratan.


0 Response to "12 Contoh Globalisasi Dalam Kehidupan Sehari-Hari"

Post a Comment

BERLANGGANAN GRATIS VIA EMAIL

Dapatkan Soal dan Materi Terbaru Dari Bimbel Brilian Secara Gratis Melalui Email Anda. Jangan lupa cek kotak masuk di emailnya untuk mengaktifkan fitur pengiriman, setelah klik berlangganan di bawah ini.