Jenis-Jenis Paruh Burung Dan Fungsinya

Semua makhluk hidup melakukan adaptasi terhadap lingkungannya. Termasuk adaptasi untuk menyesuaikan jenis makanannya. Maka dari itu burung-burung itu memiliki bagian tubuh yang berbeda-beda antar satu sama lain. Diantaranya adalah perbedaan jenis paruh yang dimilikinya. Paruh yang dimiliki setiap burung memiliki perbedaan antar satu dengan yang lainnya. Setiap bentuk paruh burung itu mempunyai kegunaan tersendiri menyesuaikan jenis makanan yang dibutuhkannya. Seperti pemakan biji-bijian, pemakan nektar bunga dan madu, pemakan daging, pemakan ikan dan makanan lainnya. Berikut diantara contoh jenis-jenis paruh burung beserta kegunannya.

Burung Elang

1) Paruh Tajam, Kuat, Runcing dan Melengkung yang Dipunyai Burung Elang.
Burung Elang adalah salah satu burung karnivora, makanannya adalah daging. Burung elang mempunyai paruh yang tajam, kuat, runcing dan melengkung pada bagian ujungnya. Paruhnya yang tajam dan runcing bisa untuk merobek dan mencabik mangsanya dengan mudah. Kekuatan paruh burung elang sangat berfungsi untuk mengoyak daging-daging sebagai makanannya. Paruh ini juga bisa untuk membunuh atau melumpuhkan mangsanya.
Burung Pipit
2) Paruh Pendek dan Kuat yang Dipunyai Burung Pipit
Burung Pipit mempunyai paruh pendek dan juga kuat. Bentuk paruh yang pendek dan kuat ini menyesuaikan dengan memakanan burung pipit yaitu jenis biji- bijian. Paruh yang pendek dan kuat ini memudahkannya untuk menghancurkan biji-bijian yang akan dimakan.

Bebek
3) Paruh Pipih dan Lebar yang Dipunyai Bebek.
Bebek merupakan salahh satu hewan omnivora, bebeka memakan tumbuhan dan daging. Bebek mempunyai paruh yang berbentuk pipih dan juga lebar. Bentuk paruh bebek yang pipih dan lebar seperti ini menyesuaikan dengan jenis makananya yang lebih banyak di kubangan air atau lumpur. Paruh yang pipih dan lebar berfungsi untuk menyaring makanan yang ada di air atau lumpur tersebut. 

Burung Pelatuk

4) Paruh Panjang, Kuat dan Runcing yang Dipunyai Burung Pelatuk
Burung pelatuk merupakan salah burung pemanjat. Burung pelatuk mempunyai paruh yang berbentuk panjang, kuat dan juga runcing. Burung pelatuk menggunakan paruhnya untuk mencari makanannya di batang-batang pohon. Paruh burung pelatuk yang panjang berfungsi mencari bermbagai macam serangga yang bersembunyi di berbagai bagian pohon. Serangga yang jadi makanannya biasa bersembunyi di lubang-lubang pohon, di sela-sela kulit pohon, serta berbagai bagian pohon yang lainnya.

Burung Pelikan
5) Paruh Berkantong yang Dipunyai Burung Pelikan.


Burung pelikan adalah salah satu burung pemakan ikan atau disebut juga burung fishivora. Burung pelikan mempunyai paruh yang berkantong. paruh yang berkantong ini memudahkannya  untuk  menangkap ikan pada tempat berair, seperti sungai, danau, pantai dan tempat dengan genangan air lainnya.
Burung Kolibri
6) Paruh Panjang dan Runcing yang Dipunyai Burung kolibri
Burung kolibri adalah salah satu burung yang makanannya adalah nektar pada bunga-bunga. Untuk bisa menghisap nektar bunga ini burung kolibri menggunakan paruhnya yang runcing dan Ppnjang itu. Bentuk panjang dan runcin berfungsi untuk memudahkan burung kolibri menghisap nektar pada bunga.

0 Response to "Jenis-Jenis Paruh Burung Dan Fungsinya"

Post a Comment

BERLANGGANAN GRATIS VIA EMAIL

Dapatkan Soal dan Materi Terbaru Dari Bimbel Brilian Secara Gratis Melalui Email Anda. Jangan lupa cek kotak masuk di emailnya untuk mengaktifkan fitur pengiriman, setelah klik berlangganan di bawah ini.