32. Sebutan dan Julukan Negara-Negara di Dunia dan Alasannya

32. Sebutan dan Julukan Negara-Negara di Dunia dan Alasannya


1. Amerika Serikat Dijuluki Negeri Paman Sam dan Negeri Super Power
AS medapatkan julukan Negeri Paman Sam, julukan ini berhubungan dengan seorang pengemas daging bernama Samuel Wilson. Ia adalah seorang penyuplai bertong-tong daging bagi tentara AS dalam Perang 1812. Samuel Wilson mencap tong-tong berisi daging tersebut dengan kata ‘US’ singkatan dari United States (Amerika Serikat) namun para tentara AS justeru menganggapnya sebagai singkatan dari ‘Uncle Sam' yang berarti Paman Sam. Kemudian, koran lokal mengangkat cerita ini dan Paman Sam mulai diterima sebagai panggilan untuk Amerika Serikat.

AS medapatkan julukan Negeri Super Power karena AS memiliki sumber daya alutsita yang sangat kuat dan besar. Kekuatan militernya sangat lengkap dan disegani oleh dunia. AS mempunyai berbagai alat tempur yang beraneka ragam dan canggih. Berbagai kapal induknya banyak tersebar di berbagai belahan dunia.

2. Arab Saudi Dijuluki Negeri Minyak
Mendapatkan julukan negeri minyak karena negara ini salah satu negara penghasil minyak bumi di dunia. Sumber penghasilan negara Arab Saudi sangat mengandalkan minyak bumi. Minyak bumi menjadi pilar utama dalam menjadi penopang perekonomian negara. 

3. Argentina Dijuluki Negeri Tanggo
Argentina mendapatkan julukan negeri Tanggo karena tarian asli negara tersebut yang bernama tarian Tanggo. Tarian ini sudah terkenal di berbagai belahan dunia. 

4. Australia Dijuluki Negeri Kangguru
Australia mendapatkan julukan negeri kanguru karena di negara ini terdapat spesies hewan kanguru yang sangat banyak. Kanguru merupakan hewan berkantong, hewan ini juga hidup Papua Nugini dan Indonesia. Namun jumlahnya tidak sebanyak di Australia.

5. Belanda Dijuluki Negeri Kincir Angin
Belanda mendapat julukan negeri kincir angin karena di Belanda membangun banyak sekali kincir angin di negaranya. Untuk memperbesar wilayahnya, Negera ini mengeruk pantai di sekeliling wilayah tepinya dan dibuat bendungan.

6. Brazil Dijuluki Negeri Samba
Brazil mendapatkan julukan negeri Samba karena Brazil mempunyai tarian khas yaitu tarian Samba. 

7. Bulgaria Dijuluki Negeri Kuntum Mawar
Bulgaria mendapatkan julukan negeri kuntum mawar karena negara ini merupakan negara penghasil Minyak Mawar Terbaik Dan Termahal Di Dunia. Bunga mawar ini juga digunakan untuk menghasilkan minyak mawar, minyak mawat ini dikenal sebagai yang terbaik yang digunakan sebagai salah satu bahan utnuk campuran parfum.

8. China/Tiongkok Dijuluki Negeri Tirai Bambu
Tiongkok mendapat julukan sebagai negeri tirai bambu adalah karena negara Cina adalah negara yang berpaham sosialis sehingga sangat tertutup dengan dunia luar.

9. Filipina Dijuluki Negeri Lumbung Padi
Filipina mendapatkan julukan negerilumbung padi karena merupakan negara penghasil padi. Filipina adalah negara yang sebagian penduduknya bermatapencaharian sebagai seorang petani. Lahan pertanian yang sangat luas, pertaniannya juga banyak yang dilakukan dengan cara yang tradisional. 

10. Finlandia Dijuluki Negeri Seribu Danau
Finlandia mendapatkan julukan sebagai negeri seribu danau karena memiliki 187.888 danau dengan 60.000 diantaranya tergolong danau yang besar.

11. India Dijuluki Negeri Anak Benua
India mendapatkan julukan sebagai Anak Benua karena sebagian besar negara di wilayah Asia Selatan lainnya mempunyai lempeng tektonik sendiri, yaitu Lempeng India, yang terpisah dari bagian Eurasia lain. 

12. Indonesia Dijuluki Negeri Zamrud Khatulistiwa
Indonesia mendapat julukan negeri Zamrud Khatulistiwa karena negara Indonesia merupakan negera yang berada di garis katulistiwa yang mempunyai pemandangan yang sangat indah.

13. Inggris Dijuluki Black Country
Negara Inggris mendapatkan julukan Black Country karena Udara di daerah tersebut selalu tampak hitam akibat tertutup oleh asap-asap industri yang sangat banyak. Hal itu dikarenakan negara Inggris merupakan negara industri maju di dunia. Sektor industri menjadi sumber tulang punggung perekonomian negara tersebut. Pusat industri Inggris berada di Birmingham dan Sheffield.

14. Irak Dijuluki Negeri 1001 Malam
Sebutan ini berasal dari kisah seorang sultan di daratan Persia bernama Raja Syahriyar yang marah besar karena mengetahui sang istri yang dicintainya selingkuh. Raja Syahriyar menghukum istri dan selingkuhannya dengan hukuman pancung. Kemudian mulai dari waktu itu, Raja Syahriar memerintahkan kepada Wazirnya (seorang perdana menteri) untuk mencarikan dirinya wanita untuk dinikahi. Namun setelah dinikahi kemudian pada esok sorenya akan dihukum pancung. Banyak wanita yang akhirnya menjadi korban, lalu tanpa disangka putri Wazir yang bernama Syahrazad dengan tanpa paksaan meminta untuk menikah dengan sang Raja Syahriyar. Pada saat malam pertama, Syahrazad bercerita kepada Raja Syahriyar dengan suatu kisah. Namun kisah itu tidak diselesaikannya saat malam pertama itu. Ia membuat ceritanya bersambung atau menggantung. Raja Syahriyar yang merasa penasaran pun, akhirnya menunda hukuman pancung pun untuk istri barunya itu agar dapat mendengar kelanjutan dari cerita yang sebelymnya. Syahrazad selamat di malam pertama, namun di malam-malam berikutnya ia bercerita terus namunceritanya selalu berakhir bersambung atau menggantung. Cerita-cerita yang diperdengarkan Syahrazad kepada sang raja diantaranya adalah dongeng yang kita kenal seperti Aladdin dan Lampu Wasiat, Abunawas, Sinbad Sang Pelaut, Ali Baba dan sebagainya. Akhirnya selama 1001 malam Syahrazad terbebas dari hukuman pancung. Raja Syahriyar pun akhirnya memilih untuk menarik hukuman tersebut. Syahrazad pun tetap menjadi permaisuri yang dicintai sang Raja. Ia pun menjadi sosok yang dicintai rakyatnya, terutama para wanita yang merasa selamat dari keinginan sang raja yang menikahi seorang gadis lalu memancungnya pada besok sore harinya.

15. Italia Dijuluki Negeri Sphagetti dan Negeri Pizza
Italia mendapatkan julukan negeri Sphagetti dan negeri Pizza karena kedua makanan tersebut adalah makanan khas yang asli dari Italia. 

16. Jepang Dijuluki Negeri Matahari Terbit dan Negeri Sakura
Jepang mendapatkan julukan negeri matahari terbit atau Nippon. Nama ini berasal dari utusan resmi negara China, dan merujuk kepada kedudukan relatif Negara ini di pesisir lautan Pasifik di sebelah timur benua Asia. Lalu dijuluki sebagai negeri sakura karena terdapat pohon sakura di Jepang.

17. Kamboja Dijuluki Neraka Dunia (Hell On Earth)
Kamboja mendapatkan julukan neraka dunia karena pernah terjadi suatu peristiwa mengerikan di negara tersebut. Pada akhir tahun 1970, pernah terjadi peristiwa pembantaian lebih dari dua juta jiwa rakyat Kamboja oleh rezim Khmer Merah. Pembunuhan massal tersebut memusnahkan para kaum intelektual dan beberapa yang lainnya. 

18. Korea Selatan Dijuluki Negeri Gingseng
Korea selatan mendapatkan julukan negeri gingseng karena rakyat di negara ini terdapat budidaya gingseng dengan sangat intensif. Terdapat banyak sekali aneka gingseng yang dibudidayakan. Keberadaan gingseng atau dikenal dengan Insam ini begitu sangat familiar dengan kehidupan rakyat korea selatan.

19. Kuba Dijuluki Negeri Cerutu
Kuba mendapatkan julukan negeri cerutu karena dikenal sebagai negara penghasil tembakau tebaik. Hal ini dikarenakan tanaman di Kuba (Havana) ini tumbuh di daerah yang berangin kencang. Sehinga hal itu mengakibatkan tanaman ini menjadi lebih kuat dan tebal.

20. Malaysia Dijuluki Negeri Jiran (Hanya bagi Indonesia)
Malaysia mendapatkan julukan negeri karena letaknya yang bersebalahan dengan Indonesia. Letaknya yang berbatasan lansung dengan Indonesia di sebelah utara. Tepatnya adalah berbatasan dengan pulau Kalimantan. Kata jiran tersendiri adalah berarti negara tetanngga atau negara dekat bersebelahan. 

21. Mesir dijukuki The Gift Of Nile, Negeri Fir'aun, Negeri Piramida
Mesir mendapatkan julukan The Gift Of Nile dikarenakan peranan sungai Nil begitu penting bagi lahirnya kehidupan masyarakat di lembah sungai tersebut. Julukan Mesir sebagai negeri Fir'aun karena negara ini dahulu pemimpinnya dinamakan Fir'aun, seorang raja yang sangat bekuasa menyeluruh di penjuru Mesir. Lalu disebut sebagai negeri piramida, karena di negeri ini ditemukan peninggalan piramida yang begitu besar dan sangat megah.

22. Myanmar Dijuluki Negeri Tanah Emas
Myanmar mendapatkan julukan negeri tanah emas karena Myanmar merupakan salah satu negara yang kaya akan hasil tambang seperti minyak, gas alam, timah, perak dan lain sebagainya. 

23. Nepal Dijuluki Negeri Atap Dunia Dan Seribu Kuil
Nepal dijuluki sebagai atap dunia, karena daerah di negara Nepal merupakan dataran tertinggi di bumi yaitu di pegunungan himalaya. Dataran ini mempunyai ketinggian rata-rata 4.900 meter (16.000 kaki), termasuk dua puncak tertinggi, yakni Everest dan K2. Lalu dijuluki sebagai negeri seribu kuil, karena banyaknya kuil yang berada di negara ini.

24. Perancis Dijuluki Kota Mode
Perancis mendapatkan julukan negeri kota mode karena di negara ini mempunyai sejarah sebagai pusat seni dan mode. Di negara perancis ini juga menjadi tempat berbagai rumah mode yang terkemuka dan bergengsi di dunia. Sebutan kota mode ini sebenarnya tersematkan untuk ibukota negara ini, yaitu kota Paris sendiri. Sebuah kota yang menjadi pusat berbagai mode pakaian di dunia.

25. Rusia Dijuluki Negeri Beruang Merah
Rusia mendapatkan julukan negeri beruang merah karena menggambarkan Rusia pada era komunisme dahulu kala ketika masih dalam Uni Soviet. Julukan beruang merah ini sebagai bentuk penggambaran orang-orang Rusia yang dinilai memiliki kemiripan dengan beruang, yakni besar, garang dan menakutkan lawannya. Sedangkan warna merah adalah simbol warna dari komunisme, ideologi yang pernah dianut oleh Rusia.

26. Selandia Baru Dijuluki Negeri Kiwi
Selandia Baru Mendapatkan julukan negeri kiwi karena di negara ini terdapat satu fauna yang khas, yaitu Burung kiwi. Burung Kiwi sendiri adalah salah satu burung yang tidak bisa terbang. Burung Kiwi mempunyai daerah persebaran secara alami yang terbatas hanya di negara Selandia Baru. Burung ini terdapat dalam tiga spesies, yaitu Apteryx Australis, Apteryx Oweni dan Apteryx Haasti. Apteryx australis terdapat di tiga pulau utama Selandia Baru, Apteryx oweni dan Apteryx haasti hanya terdapat di pulau Selatan saja.

27. Singapura Dijuluki Negeri Seribu Satu Larangan
Singapura mendapatkan julukan negeri Seribu Satu Larangan karena mempunyai banyak peraturan berupa larangan-larangan. Berbagai larangan ini mampu menjadikan negara Singapura menjadi negara yang sangat tertib dan kondusif. Negara ini pun menjadi negara yang begitu bersih dan sangat maju. Peraturan-peraturan dijalankan dengan sangat ketat sehingga warganya menjadi masyarakat yang taat hukum. Hal ini mendukung perkembangan Singapura yang cepat dalam kemajuannya.

28. Spanyol Dijuluki Negeri Matador
Spanyol mendapatkan julukan negeri matador karena di negara tersebut sering diadakan sebuah pertunjukkan yang menampilkan sebuah pertarungan antara manusia melawan banteng. Pertunjukan itu dikenal dengan matador. Manusia yang berperan bermain dan melawan para banteng itu dinamakan torero.

29. Taiwan Dijuluki Naga Kecil Asia
Taiwan mendapatkan julukan negeri naga kecil asia karena memiliki kekuatan ekonomi yang besar. Pertumbuhan ekonomi di taiwan ini sangat tinggi dan industrialisasi di berbagai sekotr berlangsung dengan sangat cepat. Hingga termasuk negara berkekuatan ekonomi yang besar di kawasan negara-negara Asia walaupun hanyalah sebagai negara yang kecil. 

30. Thailand Dijuluki Negeri Gajah Putih dan Negeri Seribu Pagoda
Thailand mendapat julukan negeri gajah putih karena memiliki spesies hewan gajah putih endemik di Thailand. Lalu dijuluki sebagai negeri seribu pagoda karena di Thailand terdapat banyak sekali pagoda.

31. Uganda Dijuluki Mutiara Afrika
Uganda mendapatkan julukan negeri mutiara afrika karena mempunyai keindahan alam yang beraneka ragam. Negeri yang mempunyai iklim torpis ini di dalamnya terdapat banyak flora dan fauna. Terdapat hewan-hewan seperti singa, gajah, kuda nil, macan tutul dan lain-lain. Julukan Mutiara Afrika ini diberikan oleh Sir Winston Leonard Spencer Churchill. Ia adalah tokoh politik dan pengarang dari Inggris yang paling dikenal sebagai Perdana Menteri Britania Raya ketika Perang Dunia Kedua.

32. Yunani Dijuluki Negeri Para Dewa
Yunani mendapatkan julukan negeri para dewa karena pada zaman dahulu rakyatnya dikenal sebagai masyarakat yang memuja dan mempunyai banyak dewa dan dewi.

0 Response to "32. Sebutan dan Julukan Negara-Negara di Dunia dan Alasannya"

Post a Comment

BERLANGGANAN GRATIS VIA EMAIL

Dapatkan Soal dan Materi Terbaru Dari Bimbel Brilian Secara Gratis Melalui Email Anda. Jangan lupa cek kotak masuk di emailnya untuk mengaktifkan fitur pengiriman, setelah klik berlangganan di bawah ini.